Ada 6 pilar utama untuk mencapai branding yang sukses. Pilar
tersebut adalah relevant, consistent, distinctive, authentic, dan genuine.
Relevant yang dimaksud adalah bahwa elemen brand yang kita pilih harus sesuai dengan brand kita. Seperti memilih baju, kalau tidak pas akan mengurangi keindahan. Pemilihan brand yang kurang sesuai juga akan menyebabkan brand yang kita bangun hasilnya tidak sesuai ekspektasi.
Relevant yang dimaksud adalah bahwa elemen brand yang kita pilih harus sesuai dengan brand kita. Seperti memilih baju, kalau tidak pas akan mengurangi keindahan. Pemilihan brand yang kurang sesuai juga akan menyebabkan brand yang kita bangun hasilnya tidak sesuai ekspektasi.
Konteks Consistent disini maksudnya brand yang kita ciptakan dan
pilih tetap melekat pada kita. Bukan hanya pencitraan sesaat demi mendapat
popularitas maupun mencari perhatian. Brand yang telah diciptakan harus
mencerminkan siapa kita sehingga tetap melekat meskipun tanpa sadar karena
merupakan cerminan kita sendiri.
Distinctive : Authentic maksudnya adalah brand yang kita ciptakan,
pilih, atau punyai harus berbeda. Brand yang dipilih harus menjadi ciri khas
dan pembeda dengan yang lain. Ciri khas yang positif tentunya, menjadikan kita
siap dipilih.
Genuine mensyaratkan bahwa brand yang kita punya harus merupakan
asli dan bukan tiruan dari orang lain. Bukan berarti harus baru sama sekali,
tetapi dapat juga mengambil yang positif dari seseorang. Disinilah kita
dituntut untuk kreatif menciptakan brand yang lebih positif dari orang lain.
Beberapa konsep di atas bukan berarti hanya sekejap mata
membangunnya.
Brand yang baik dan sukses merupakan hasil dari perkataan, perbuatan, dan sikap seseorang. Mulai dari pergaulan didunia nyata maupun didunia maya. Media socialpun menyumbangkan peran yang cukup besar.
Secara singkat, proses pembentukan brand dapat disederhanakan menjadi proses perkenalan, pemahaman, evaluasi yang dilakukan secara terus menerus. Dan yang paling penting, brand adalah janji. Janji yang tidak kita ucapkan tetapi telah kita buat. Janji terhadap orang lain untuk menjadi seperti brand yang kita ciptakan. Maupun janji kepada diri sendiri untuk menepati brand tersebut.
Brand yang baik dan sukses merupakan hasil dari perkataan, perbuatan, dan sikap seseorang. Mulai dari pergaulan didunia nyata maupun didunia maya. Media socialpun menyumbangkan peran yang cukup besar.
Secara singkat, proses pembentukan brand dapat disederhanakan menjadi proses perkenalan, pemahaman, evaluasi yang dilakukan secara terus menerus. Dan yang paling penting, brand adalah janji. Janji yang tidak kita ucapkan tetapi telah kita buat. Janji terhadap orang lain untuk menjadi seperti brand yang kita ciptakan. Maupun janji kepada diri sendiri untuk menepati brand tersebut.
Satu kata penting yang harus dipegang
“LIFE IS SHORT, BUILD A STRONG BRAND”
“LIFE IS SHORT, BUILD A STRONG BRAND”